Dewa Inside

Bagaimana Cara Membangun Backlink Berkualitas Reviewed by Dewa Inside Rating: 4

Bagaimana Cara Membangun Backlink Berkualitas

Bagaimana Cara Membangun Backlink Berkualitas
Salah satu cara untuk meningkatkan traffic blog adalah dengan membangun backlink. Untuk membuat backlink yang memiliki kualitas tinggi merupakan suatu hal yang sangat diinginkan oleh para blogger sehingga dapat memenangkan kompetisi sesama pesaing.

Tetapi untuk membuat backlink yang sangat berkualitas itu membutuhkan usaha yang gigih juga. Dan membutuhkan waktu karena kita tahu semua hal itu butuh proses. Cuma bagaimana caranya agar lebih cepat, lebih berkualiatas dan tentunya isi dari konten kita sangat berpengaruh.



Apa itu Backlink?


Backlink adalah link masuk ke blog Anda karena terhubung oleh blog, sosial media atau website lainnya (profit/non-profit, education, goverment, dll). Backlink juga berkaitan dengan page rank suatu blog, semakin banyak backlink semakin tinggi page rank blog itu sehingga oleh search engine akan lebih diutamakan dalam pencarian, khususnya google karena setiap orang menggunakan google untuk browsing mencari kepentingan mereka.

Hal-Hal yang Menunjang:

1. Konsisten Posting

Dalam menjalankan suatu blog kita harus tetap konsisten dalam posting. Misal seminggu 1x atau 2x posting. Google atau search engine lainnya akan melihat bahwa Anda cukup serius menjalankan blog Anda. Sehingga secara berkala pasti akan diprioritaskan dalam search engine mereka.

Kenapa? Saya ibaratkan Anda memiliki toko, apakah Anda tidak mengurus toko Anda? Tidak membuka toko selama sebulan? Jelas saja akan bangkrut karena tidak ada orang yang mengunjungi atau bahkan tidak tahu kalo Anda punya toko.

Dengan konsisten tentunya menjaga pelanggan kita untuk tetap percaya terhadap kita dan kembali ke kita bahkan mungkin membawa teman yang dapat menjadi pelanggan tambahan. "Pelanggan" dalam artinya yang positif ya gan. hehe..


2. Konten yang Sesuai dan Menarik

Konten yang menarik ataupun unik sesuai dengan keinginan Anda dan yang sesuai dengan topik dari blog Anda.

Saya ibaratkan Anda sedang makan tahu telor dengan kerupuk. Menurut Anda pasti cocok saja kan? Tapi coba Anda makan bakso dengan kerupuk. Apakah masih cocok? "Masih gan, soalnya di Indonesia itu kerupuk cocok apa saja. hehe.." Tapi tetap saja jarang kan orang yang makan bakso pake kerupuk. :P

Begitu pula dengan isi konten atau posting Anda. Ketika topik dari blog Anda adalah Dota 2, tetapi isinya ada yang Counter Strike, dll. Lebih baik topiknya games.

3. Interaksi di Forum

Perlu adanya interaksi atau komunikasi dengan netter dimana saja apalagi di dalam forum. Forum itu mebambah ilmu kita loh, banyak sekali manfaat yang dapat diambil dengan bergabung di forum. Tentunya sesuai dengan ketertarikan Anda, walaupun begitu kita juga bisa mendapat info ataupun ilmu menarik lainnya.

Apabila kita membahas subjek tentang tutorial blog, games, atau lainnya. Mungkin kita bertanya dan mencantumkan alamat blog atau website kita tentunya akan membangun jaringan (link) ke blog kita. Forum-forum yang bagus ada banyak seperti kaskus, reddit, steam, esc-creation, dll.



4. Youtube

Anda dapat membuat chanel youtube yang memuat isi atau konten dari blog Anda. Karena youtube merupakan situs video terbesar di seluruh dunia. Semua orang melihat video di youtube. Seiring semakin majunya teknologi internet banyak sekali orang-orang yang meng-upload video mereka ke youtube. Entah itu tentang adventure, games, makanan, dan banyak lagi yang lainnya.

Dengan membuat video yang berisi konten dari blog Anda di youtube tentunya membangun link atau jaringan menuju ke blog atau situs Anda.

5. Sosial Media

Tak lupa sosial media sangat berpengaruh untuk membangun link yang berkualitas menuju blog Anda. Dimana Anda dapat melihat setiap blog dan website apapun entah itu dari per-orangan, perusahaan dan bahkan pemerintah pasti memiliki situs media sosial mereka sendiri. Karena mereka ingin memudahkan user experience dalam berkomunikasi.

Sosial media yang kita ketahui sangatlah banyak. Disini saya sebutkan Top 10 sosial media, seperti: Facebook, Twitter, Google+, LinkedIn, Tumblr, Pinterest, Instagram, Vine, Flickr, VK. Untuk Dewa Inside Blog ini saya lebih memilih 3: Facebook, Twitter dan Google+.

6. Iklan atau Promosi

Membuat iklan atau promosi blog atau website merupakan hal yang sangat sering dilakukan entah itu profit ataupun non-profit website.  Membuat iklan ada yang berbayar ataupun dengan promosi sendiri melalui media sosial. Biasanya untuk pebisnis cara termudah mereka adalah membayar untuk iklan seperti di Google AdWord,  Ads Facebook, Ads di TV.

Tapi untuk blogger lainnya tak perlu cemas, apabila kita bukan pebisnis kenapa harus membuat iklan berbayar. Cukup dengan promosi link melalui sosial media ataupun teman kita.

7. Guest Blogging 

Guest blogging atau bertamu ke blog-blog yang memiliki rank yang bagus juga merupakan salah satu caranya. Semisal kita komentar pada blog itu dengan nama, email dan alamt website ataupun langsung mencantumkan alamat website kita entah itu follow ataupun no follow setidaknya alamat dari blog kita akan tertera. Mungkin orang lain yang melihatnya akan mengklik tapi bukan jaminan juga.

Namun perlu diingat, GUEST BLOGGING berbeda dengan SPAM! Jika Anda hanya meletakkan alamat bla bla bla tanpa jelas tentunya itu merupakan spam. Siapa yang suka di spam? Google saja tidak suka spammer apalagi Anda. Anda tidak suka di-spam kenapa Anda nye-spam? Masuk akal bukan?

Maksudnya disini adalah ketika guest blogging, sesuaikan dengan topik yang ada pada konten tersebut. Tidak out of topik.

Sekian Tips dari Admin, mungkin kalo ada saran atau tambahan dari sobat blogger lainnya silahkan ditambahkan pada kolom komentar.
Thanks.
 
Share Artikel ini:

email subscribe

Tidak ada komentar:

Apa Pendapat Anda?

Setiap komentar sangat dihargai, namun karena keterbatasan waktu tidak dapat online setiap saat untuk me-reply komentar setiap orang. Komentar Spam (link aktif, o*at, p*rn*, j*di, dan sejenisnya) akan dimoderasi. Terima kasih atas perhatiannya dan Berkunjung kembali :)