Memeriksa Kecepatan Blog dengan PageSpeed Insights

Apa itu PageSpeed Insights?

PageSpeed Insights adalah alat bawaan dari google yang ada pada webmasters tools dimana berguna untuk memeriksa kecepatan blog atau situs dan memberikan saran bagaimana agar loading pada blog lebih cepat di semua perangkat baik itu komputer maupun mobile phone. Apalagi sekarang google memperhatikan kecepatan situs yang dapat mempengaruhi ranking di pencariannya (sedikit). Walapun tetap isi dari konten tersebutlah yang lebih diutamakan. Dimuat pada google webmaster central blog, Anda dapat membacanya di --> using site speed in web search ranking. Memeriksa Kecepatan Blog dengan Google PageSpeed Insights ini sangat bermanfaat. Dimana hasil dari analisis-nya dapat memberitahu kita tentang rekomendasi apa yang harus kita lakukan seperti:

  • Optimalkan konten gambar, script ataupun css untuk mempercepat loading page,
  • Dimana alamat yang harus di-optimalkan
  • Dan menampilkan nilai loading page dari blog kita

Artikel Terkait:
1. Menghilangkan plusone.js di blogger yang memblokir perenderan konten paruh atas

Cara Menggunakan PageSpeed Insights

Untuk menggunakan fitur ini, anda dapat langsung kunjungi link berikut: --> PageSpeed Insights
atau pada Alat Webmaster --> Sumber Daya Lainnya --> PageSpeed Insights

  • Masukkan url blog (misal: http://dewainside.blogspot.com/)
  • Analisis

Setelah proses analysis selesai, maka PageSpeed Insights akan menampilkan hasil dari load page blog dengan nilai dan saran yang dianjurkan seperti yang terlihat pada gambar di posting ini.
Skala nilai yang diberikan oleh tools ini sampai dengan 100. Kalau kita ibaratkan saja,

A=85-100          B=71-84          C=61-70           D=51-60           E=0-50

Sebagai contoh nyata, berikut screenshot dari uji kecepatan blog ini menggunakan tool tersebut:

Mobile Score PageSpeed Insights


Karena setiap kita meng-edit template dengan menambah atau mengurangi widget, javascript, html dan CSS, tentunya akan mempengaruhi nilai kecepatan dari loading blog anda sendiri. Maka ada baiknya apabila anda memeriksa kecepatan blog anda lagi setelah selesai meng-edit template blog anda.

2 komentar:

Setiap komentar sangat dihargai, namun karena keterbatasan waktu tidak dapat online setiap saat untuk me-reply komentar setiap orang. Komentar Spam (link aktif, o*at, p*rn*, j*di, dan sejenisnya) akan dimoderasi. Terima kasih atas perhatiannya dan Berkunjung kembali :)