Dewa Inside

Apakah Validator W3C Mempengaruhi SEO Reviewed by Dewa Inside Rating: 4

Apakah Validator W3C Mempengaruhi SEO

Apa itu Validator W3C?

Validator W3C adalah alat yang berfungsi untuk memeriksa validasi dokumen web berupa HTML, XHTML, SMIL, MathML, dan lainnya. Anda pasti sudah tahu alamat W3C itu sendiri. Silahkan apabila anda ingin memeriksa html5 dari blog ini atau blog anda sendiri. --> Validator W3C

W3C Mempengaruhi SEO

Validator W3C Mempengaruhi SEO?

Jawabannya adalah tidak. Coba sobat periksa sendiri situs-situs besar dan terkenal. kita ambil contoh saja google, youtube, atau facebook. Berikut saya tampilkan screenshot test markup validator dari facebook, google dan youtube:

W3C Facebook
W3C Google
W3C Youtube

Dapat terihat jelas pada gambar diatas, bahwa situs-situs tersebut pada dasarnya tidak memperbaiki dokumen web meraka yang error walaupun mereka mampu. Saya tidak tahu alasan yang pasti kenapa, tapi Matt Cutts sendiri mengapresiasi apabila ada anggotanya yang mau meluangkan waktu untuk memperbaikinya. Untuk video terkait bahwa Validator W3C tidak mempengaruhi SEO adalah sebagai berikut:

Video Matt Cutts pada 16 September 2009 tentang Mengapa google.com Tidak Validasi dokumen mereka?


Video pada 15 Maret 2011 Matt Cutts dengan Danny Sullivan dari SearchEngineLand tentang Apakah Validasi HTML diperlukan untuk Ranking?


Namun ada baiknya untuk mengurangi seminimal mungkin kesalahan yang terjadi pada blog kita. Karena pada dasarnya yang disampaikan oleh W3C itu benar. Sebagai contoh, sewaktu saya memeriksa blog ini, saya berusaha memperbaiki kesalahan yang ada semaksimal mungkin. Dan memang ada hasil positifnya, yakni compability pada browser tertentu.

Compability Suatu Browser

Semisal saya ibaratkan, ketika sobat menuliskan kalimat pada www.google.com dan ada kata yang salah, apakah google mengerti kalau kata itu salah? Jawabannya iya dan mesin pencari google berusaha melakukan pendekatan menuju kata yang lebih tepat dengan memberikan sugesti kata terkait dan menampilkan laman terkait. Sama halnya dengan validator w3c yang berfungsi memberitahu adanya kesalahan kode dokumen suatu situs. Ketika ada kode html yang salah pada template blog anda apakah browser anda mengerti kalau html itu salah? Jawabannya iya juga, browser anda berusaha untuk membenarkan agar dapat membaca template dan menampilkannya sehingga dapat terlihat oleh mata manusia.

Maka dari itu akan lebih baik apabila kita dapat memperbaikinya, ya terkait dengan compability dari suatu browser. Terlihat pada peramban Chrome bagus, belum tentu pada Mozilla atau Internet Explorer (biasa terjadi). Bisa saja ada widget yang bergeser atau tidak terlihat pada browser lain namun terlihat cantik dan pro pada browser lainnya lagi. Sedangkan faktor yang mempengaruhi SEO itu sendiri ada banyak. Seperti kualitas konten, keywords, dan lain sebagainya yang belum bisa saya jelaskan satu per satu.
Share Artikel ini:

email subscribe

5 komentar:

  1. Nice artikel gan, ternyata valid enggaknya HTML itu lebih ke tampilan dan compability browser ya. Bukan merupakan faktor yang mempengruhi SEO.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Setiap komentar sangat dihargai, namun karena keterbatasan waktu tidak dapat online setiap saat untuk me-reply komentar setiap orang. Komentar Spam (link aktif, o*at, p*rn*, j*di, dan sejenisnya) akan dimoderasi. Terima kasih atas perhatiannya dan Berkunjung kembali :)