Cara Agar Posting Cepat Terindeks Google

Cara agar postingan artikel cepat terindex google sehingga dapat muncul pada halaman hasil mesin pencari serp dengan menggunakan Fetch as Google dari Alat Google Webmaster. Alasannya sudah jelas karena google merupakan mesin pencari yang dipakai oleh seluruh orang di dunia. Dengan menggunakan fitur fetch as google, postingan dapat cepat terindex oleh google dalam hitungan detik dan menit. Tentunya kamu juga sudah menambahkan blog ke search engine google.

Berdasarkan pengalaman saya menggunakan tool ini, artikel yang saya publikasikan langsung tampil pada SERP google apabila saya periksa dengan menggunakan alamat postingan yang berkaitan itu dalam waktu yang singkat. Tool ini sangat bermanfaat apabila anda memiliki situs yang setiap harinya harus mempublikasikan puluhan artikel sekaligus. Seperti situs-situs selebritis, berita dan politik.

Ambil sebagai Google Bot

Video SEO Startup

Maile Ohye (Pimpinan Teknologi Developer Programs di Google) tentang kegunaan fetch as google tool.


Dampak Negatif

Namun ada sisi buruk yang saya alami (belum tentu orang lain mengalaminya juga) dari menggunakan tool ini adalah ada salah satu dari posting saya yang terdahulu hilang dari dindeks. Saya dapat berkata demikian karena saya mengalaminya. Setelah AMBIL sebagai google bot dan Kirim ke Indeks (mungkin saya tidak sadar double submit). Saya periksa beberapa menit kemudian dengan mencarinya pada mesin pencari google. Dan memang terbukti postingan saya langsung diindex oleh google. Namun ketika saya melihat peta situs saya, ternyata jumlahnya sama dengan sebelumnya.

Disini terjadi miss atau hilangnya salah satu dari artikel saya di mata google bot. Mungkin itu hanya bug yang terjadi pada saya dan belum tentu orang lain mengalaminya juga. Dengan kejadian seperti itu, saya lebih sering update postingan dan membiarkannya secara alami agar google bot mengindeks postingan saya. Saya tetap gunakan tool ambil sebagai google bot ini tapi tanpa mengirim alamat url yang berkaitan agar diindex oleh google bot.

Batasan Submit Alamat Posting

Ada batasan submit URL dari postingan yang dapat disubmit secara langsung setiap bulannya. Untuk setiap 1 URL berbeda dari setiap postingan yang kita ambil atau render oleh google bot secara langsung melalui alat webmaster dapat dikirim agar diindex dengan maksimal jumlah adalah 500 URL per bulan.

Cara Agar Posting Cepat Terindeks Google

Sedangkan untuk URL yang terkait langsung pada setiap URL posting berbeda yang kita ambil atau render dapat dikirim agar dindex dengan maksimal jumlah adalah 10 URL per bulan.

Cara Agar Posting Cepat Terindeks Google

Cara Menggunakan Fetch as Google

Akhirnya kita sampai pada fungsi Ambil sebagai Google Bot. Maksudnya adalah google bot akan secara langsung melihat konten yang kita ingin perlihatkan kepadanya melalui alamat yang kita cantumkan lalu mengambil ataupun merendernya.

Langkah 1. Kunjungi Ambil sebagai Google --> Pilih situs yang diinginkan. Atau anda dapat membukanya pada Alat Webmaster --> Perayapan --> Ambil sebagai Google.
Cara Agar Posting Cepat Terindeks Google
Klik untuk Memperbesar

Langkah 2. Masukkan alamat postingan yang ingin kita render. Yaitu bagian tengah dari URL posting tanpa mencantumkan alamat blog dan tanpa slash (/). Contoh: https://dewainside.blogspot.com/2010/05/cara-agar-blog-terdeteksi-search-engine.html Bagian yang berwarna Biru yang anda copy dan paste.

Langkah 3. Pilih tampilan yang ingin dirayapi oleh google bot. Ada 4 tampilan yang tersedia: Desktop, Seluler: Ponsel Cerdas, Seluler: XHTML/WML dan Seluler: cHTML.

Cara Agar Posting Cepat Terindeks Google

Langkah 4. Klik AMBIL atau AMBIL DAN RENDER. Perbedaannya sederhana. AMBIL = hanya merayapi posting terkait. Sedangkan AMBIL DAN RENDER = merayapi dan menampilkan posting terkait. Namun aslinya tidak ada tampilan apapun. lol.

Langkah 5. Kirim ke Indeks URL posting yang anda telah ambil atau render sebelumnya.

Cara Agar Posting Cepat Terindeks Google

Silahkan anda tunggu beberapa menit dan cari URL posting yang telah anda kirim untuk diindeks melalui mesin pencari google. Dapat dipastikan akan muncul pada SERP.

Sekian tutorial dari Cara Agar Posting Cepat terindex Google dalam hitungan detik. Semoga dapat bermanfaat bagi sahabat blogger sekalian.

2 komentar:

  1. Terima kasih gan, saya baru tau ada fungsi fetch as google. artikel saya langsung terindeks google walaupun belum di halaman pertama serp.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Setiap komentar sangat dihargai, namun karena keterbatasan waktu tidak dapat online setiap saat untuk me-reply komentar setiap orang. Komentar Spam (link aktif, o*at, p*rn*, j*di, dan sejenisnya) akan dimoderasi. Terima kasih atas perhatiannya dan Berkunjung kembali :)