Pentingnya Meta Tag Deskripsi?

Apa itu meta tag deskripsi?

Meta tag deskripsi adalah penjelasan singkat mengenai isi dari blog, situs atau laman terkait. Sehingga google akan lebih mudah menampilkan pada halaman hasil mesin pencari mereka yang artinya adalah SEO.
Sebagai contoh sederhana ketika kita menulis kata kunci di mesin pencari google, maka tampilannya sebagai berikut :

meta tag deskripsi

Pentingnya meta tag deskripsi?

Seperti dijelaskan secara singkat diatas fungsi dari meta tag deskripsi, Matt Cutts yang merupakan insinyur perangkat lunak dari google mengatakan bahwa mereka meggunakan meta tag deskripsi sebagai acuan dalam meningkatkan hasil pencarian google untuk suatu situs, tidak seperti meta tag kata kunci yang mereka anggap tidak perlu.


Walaupun begitu tidak semua entri dari blog ini menggunakan meta tag deskripsi. Saya secara pribadi membiarkan robot google untuk menghasilkan deskripsinya sendiri, namun untuk posting yang sekiranya penting saya menambahkannya manual.

Menggunakan meta tag deskripsi

jika ingin mengoptimalkan penggunaan meta tag deskripsi, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui sebagai berikut:
  • Gunakan 150 huruf (Google telah mengupdate untuk maksimal huruf meta tag deskripsi adalah 300) untuk deskripsi, anda dapat memeriksanya dengan situs penghitung huruf seperti, https://www.lettercount.com/ ataupun pada google translate, karena selain sebagai alat penerjemah juga menghitung jumlah karakternya. walaupun nantinya google akan memotongnya secara otomatis apabila berlebih.
  • Relevansi antara deskripsi dengan konten dari laman blog

Kita dapat membiarkan robot google untuk menelusuri seluruh isi dari situs atau lalu membuat sendiri deskripsi mengenai konten terkait. Namun kita juga dapat memberikan deskripsi itu sendiri secara manual. Baik pada alamat situs ataupun setiap postingan.
  • Untuk deskripsi situs
a. menambahkan manual pada Tema --> Edit HTML --> pada kotak HTML klik kiri dan cari CTRL+F <head>. Gunakan format dibawah dengan deskripsi dari blog anda sendiri.
<meta content='dewainside.blogspot.com menyajikan Tutorial Blogger, Tips Blog, SEO, Gadget Blogspot, Template Blogspot, CSS, HTML, Javascript, dan jQuery' name='description'/> 
b. pada Setelan --> Preferensi penelusuran --> Edit Deskripsi --> Aktifkan deskripsi penelusuran dengan mencentang Ya lalu isi deskripsi sesuai dengan konten dari situs dan Simpan perubahan.

meta tag deskripsi blogger

  • Untuk setiap postingan
a. menambahkan manual pada Tema --> Edit HTML --> pada kotak HTML klik kiri dan cari CTRL+F <head>. Gunakan format dibawah dengan alamat link dari entri anda dan deskripsi dari entri terkait.

<b:if cond='data:blog.url == &quot;https://dewainside.blogspot.com/2010/05/cara-agar-blog-terdeteksi-search-engine.html&quot;'>
<meta content='cara agar blog terdeteksi di mesin pencari seperti google dan bing sehingga artikel, konten dan postingan dapat muncul dan tampil pada SERP google dan bing' name='description'/>
</b:if>
b. pada Pos --> pada sisi kanan Entri --> Deskripsi Penelusuran
meta tag deskripsi entri

Namun pada kenyataannya ada beberapa dari posting saya yang tidak ada meta tag deskripsinya namun teratas pada serp google. Sebagai salah satu contoh adalah entri ini : membuat link open new tab
menurut saya itu dikarenakan artikel sangat lama yang secara otomatis dibuatkan deskripsinya oleh robot google namun tetap berguna walaupun memang untuk bersaing pada posisi teratas dengan isi yang sesederhana itu tidaklah susah.

0 comments:

Apa Pendapatmu ?

Setiap komentar sangat dihargai, namun karena keterbatasan waktu tidak dapat online setiap saat untuk me-reply komentar setiap orang. Komentar Spam (link aktif, o*at, p*rn*, j*di, dan sejenisnya) akan dimoderasi. Terima kasih atas perhatiannya dan Berkunjung kembali :)