Cara Memindahkan Judul Blog ke Kanan Judul Posting

Secara default ketika kita menggunakan platform blogger untuk membuat blog dan lalu mem-publish-nya, maka ketika kita melihat header judul pada browser kita akan terlihat dengan susunan 
Judul Blog: Judul Postingan.
Hal tersebut merupakan hal yang wajar mengingat itu merupakan setting default dari template kita yang menggunakan platform blogger.

Ini hanya opini saya saja, mungkin dari pihak team google sengaja melakukan hal itu. Mungkin mereka menganggap domain blogspot.com itu kan gratis dan biasanya digunakan oleh pemula untuk menulis blog. Jadi mereka tidak terlalu tahu mengetahui tentang SEO sehingga akan lebih memudahkan search engine mereka, yakni google dalam proses crawling dan menyeleksi manakah blog yang lebih mahir SEO dan memungkinkan konten dari blog tersebut lebih berkualitas. Mungkin team google menganggap nanti apabila blogger itu mengerti tentang SEO, maka blogger itu sendiri yang akan merubahnya sehingga blog dari blogger itu nantinya akan mencapai taraf kualitas yang lebih dari sebelumnya dan lebih friendly SEO. Sekali lagi pernyataan itu adalah opini saya saja, namun kalau dimasukkan logika cukup kuat kok.

Untuk seorang blogger pemula maka mereka tidak akan sadar. Bahwa judul merupakan kunci utama dalam SEO. Dimana google membaca dari kiri ke kanan dan  apabila posisi untuk tiap postingan adalah Judul Postingan: Judul Blog dan search engine google untuk judul hanya mengambil 50-60 karakter pada proses crawling mereka, kalau Judul Blog di depan pada hasil search engine, tentunya judul dari posting kita yang berada di belakang, yang lebih dari 60 karakter akan tidak dihitung oleh goole. Tentunya rugi, dimana urutan untuk posisi 1, 2 dan 3 teratas pada hasil search google akan diambil oleh blog lain yang memiliki kemiripan kata kunci.

Untuk itu marilah kita merubah posisi untuk tiap postingan menjadi Judul Postingan: Judul Blog agar lebih friendly SEO.
Langkah-Langkah:
1. Pada Dashbord blogger Anda pergi ke Template --> Edit HTML

2. Klik area kotak Edit HTML dan Cari (CTRL+F) kode di bawah ini:
<title><data:blog.pageTitle/></title>
3. Ganti script di atas dengan script berikut ini:
<b:if cond='data:blog.pageType == "index"'>
<title><data:blog.title/></title>
<b:else/><title> <data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title> </b:if>
4. Save Template
View salah satu posting Blog Anda apakah sudah tersusun Judul Post: Judul Blog
Contoh Hasil:
Cara Memindahkan Judul Blog ke Kanan Judul Posting
Selamat Mencoba.

0 comments:

Apa Pendapatmu ?

Setiap komentar sangat dihargai, namun karena keterbatasan waktu tidak dapat online setiap saat untuk me-reply komentar setiap orang. Komentar Spam (link aktif, o*at, p*rn*, j*di, dan sejenisnya) akan dimoderasi. Terima kasih atas perhatiannya dan Berkunjung kembali :)