Keunggulan dan Kekurangan Kolom Komentar Google Plus

Kolom atau kotak komentar (comment box) google+ merupakan fitur tambahan blogger untuk menggunakan komentar via akun google+ dengan kelebihan dan kekurangan-nya. Walaupun sebenarnya kolom komentar bawaan blogger pun dapat menggunakan akun google. Opini saya saja, mungkin google ingin mengembangkan google+ lebih jauh pada blogger setelah google friend connect tidak dikembangkan lagi.
Kolom Komentar Google+
Pada postingan kali ini saya akan membahas mengenai keunggulan dan kekurangan kolom komentar google+ pada blogger. Untuk menggunakan kolom komentar google+ pada blogger sobat cukup mengganti akun blogger dengan akun google+ lalu mengaktifkan kolom komentar google+ pada blogger sobat.

Keunggulan:
1. Tampilan simple
Dengan tampilan yang simple ini kolom komentar google+ sangat disenangi. Yups benar sekali, karena tampilannya yang sederhana itu (easy to look) para blogger senang untuk menggunakan-nya. Padahal menurut saya sama saja sih, cuma beda icon bundar pada kolom komentar google+, kotak pada kolom komentar blogger.

2. Adanya fitur +1 pada setiap komentar
Fitur +1 dari google+ comment ini sangat bermanfaat. Karena dapat menyebarkan link komentar kita mengenai postingan pada akun google+ lainnya yang menambahkan +1, sama halnya seperti like facebook.

3. Setiap komentar akan dibagikan secara otomatis pada akun google+ komentator
Komentar akan dibagikan pada akun google+ komentator,  selain itu komentator dapat me-mention orang yang ada dilingkaran google+nya. Dampaknya sangat baik, karena ada kemungkinan orang yang ada pada lingkaran komentator akan melihatnya dan mengunjungi laman yang dikomentari itu.

4. Mengurangi Anonymous dan Name/URL Komentator
Jika sobat setting komentar untuk siapa saja (anyone) maka Anonymous dan Name/URL komentator sering terjadi  pada kolom komentar bawaan blogger, secara tampilan pada kolom komentar nantinya akan kurang bagus. Anonymous dan Name/URL, biasanya orang yang guest blogging sering menggunakannya untuk mendapatkan backlink tapi secara otomatis link tersebut akan rel="nofollow" pada pengaturan komentar di blogger. Namun yang berbahaya pada Name/URL ini adalah "Spam Komentar Dewasa/P*rn*" (Adult Spam Comment). Yups sangat berbahaya baik untuk Google Adsense dan Blog sendiri karena menuju link website dewasa/p*rn*! Sobat dapat baca pengalaman saya tentang --> Bahaya Komentar Spam Link Situs Dewasa bagi Google Adsense.
spam link comment

5. Berpengaruh pada SERP Google
Coba sobat perhatikan apabila sobat pernah +1 atau share google+ postingan sobat atau postingan blog lain, pasti postingan itu akan muncul pada halaman pertama (page 1) pada Search Engine Result Page (SERP) / Halaman Hasil Pencarian Mesin Pencari Google. Tentunya apabila semakin banyak orang yang +1 tentunnya menambahkan  backlink pada postingan itu.
SERP Google+

6. Letak Kotak Komentar Google+
Apabila blog sobat memiliki banyak komentator, kotak komentar google+ akan memudahkan pengunjung lainnya untuk berkomentar pada postingan sobat. Karena tata letaknya yang ada setelah/dibawah post sama seperti kotak komentar facebook. Lain halnya dengan kotak komentar bawaan blogger, posisinya akan semakin dibawah ketika semakin banyak orang yang berkomentar pada postingan diblog itu.

Kekurangan:
1. Komentar sebelumnya yang menggunakan custom domain akan hilang!
Saya sempat mengganti kolom komentar pada Blog ini yang awalnya bawaan dari blogger dengan kolom komentar google+. Namun apa yang terjadi, semua komentar yang sudah ada sebelumnya pada postingan dengan costum domain hilang semua. Akhirnya saya revert balik menggunakan kolom komentar bawaan blogger. Jadi saran saya pikirkan kembali apabila sobat ingin menggunakan kolom komentar google+ apabila memiliki banyak komentar pada kolom komentar bawaan blogger. Namun untuk blog baru tidak masalah langsung gunakan saja.

2. Pengunjung hanya dapat berkomentar menggunakan akun google
Pengunjung yang ingin bertanya, memberikan pendapat ataupun hanya guest blogging harus login dengan menggunakan akun google-nya terlebih dahulu. Tidak seperti kolom komentar bawaan blogger dapat komentar menggunakan akun google, wordpress, dkk. Namun saya kira untuk hal ini, setiap orang pasti memiliki akun google, secara layanan google sangat banyak digunakan oleh orang diseluruh dunia. Jadi tidak terlalu menjadi problem. Hal ini ada baiknya juga dan termasuk point No. 4 pada Keunggulan.

3. Belum adanya Emoticon
Untuk kolom komentar bawaan blogger dapat menggunakan emoticon yang ditambahkan pada template-nya. Namun untuk kolom komentar google+ ini, saya tidak tahu apakah kedepannya google akan menambahkan emoticon untuk kolom komentar google+ ini. Jika ditambahkan, tentunya akan menambah ketertarikan para blogger untuk menggunakannya.

4. Tidak adanya Proteksi Terhadap Komentar Spam
Secara otomatis komentar spam akan dimasukkan folder spam oleh blogger (biasanya komentar yang menggunakan bahasa asing, Anonymous atau Name/URL) sehingga memudahkan administrator blog untuk memilahnya. Namun pada kolom komentar google+ tidak memiliknya. Walaupun begitu kadang komentar spam juga tembus dari filter blogger. Untuk itu sobat dapat mematikan link spam di --> Mematikan Link pada Kolom Komentar Blogger. Namun hal yang paling baik adalah menghapus link spam tersebut, apalagi link situs dewasa/p*rn* yang sangat tidak baik untuk SEO blog dan Adsense.

Kalau sobat memiliki kelebihan atau kekurangan lainnya berdasarkan pengalaman sobat, silahkan tambahkan saja pada kolom komentar dibawah. Mungkin dapat membantu sobat blogger lainnya.

4 komentar:

  1. Kalau seandainya link tersebut bukan mengarah ke situs dewasa seperti di atas, apakah tetap tidak sehat untuk blog?

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Makasih bos, kebetulan lagi nyari info tentang ini. Btw templatenya keren simple dan gak lemot.

    BalasHapus

Setiap komentar sangat dihargai, namun karena keterbatasan waktu tidak dapat online setiap saat untuk me-reply komentar setiap orang. Komentar Spam (link aktif, o*at, p*rn*, j*di, dan sejenisnya) akan dimoderasi. Terima kasih atas perhatiannya dan Berkunjung kembali :)