Menghilangkan Script plusone.js di Blogger

Menghilangkan plusone.js Blogger

Menghilangkan javascript plusone.js dengan URL https://apis.google.com/js/plusone.js pada blogger itu dapat untuk dilakukan. Plusone.js merupakan javascript bawaan blogger untuk widget dan navigasi bar yang ada pada posisi floating diatas. Selain itu sebelum google+1 button menggunakan versi asinkron (async) yang baru (platform.js), plusone.js lah yang digunakan walaupun dapat diasinkronkan juga. Namun dengan seiring berkembangnya developer google dengan kemunculan PageSpeed Insights, banyak pengguna domain blogspot yang memeriksa kecepatan blog mereka.

Dan dengan hasil yang kurang memuaskan dimana adanya javascript plusone.js yang memblokir perenderan di konten paruh atas. Karena bawaan langsung dari blogger, apabila script itu dihilangkan maka ada beberapa widget yang tidak berfungsi, seperti arsip blog. Namun widget tersebut jarang digunakan dan selain itu widget lainnya yang saya gunakan pada dewa inside blog ini berfungsi dengan baik.

Menghapus Plusone.js

Dengan menghapus script itu, maka akan mempercepat loading blog dengan domain blogspot anda. Untuk menghapus script tersebut dari platform blogger silahkan anda ikuti langkah-langkah dibawah ini:
Langkah 1. Pada Template --> Edit HTML --> Cari (CTRL+F) url berikut:
https://apis.google.com/js/plusone.js
Namun apabila alamat url javascript pluone.js untuk widget blogger diatas tidak ada, langsung lihat langkah 3.

Langkah 2. Hapus semua kode navbar dari <b:section class='navbar' id='navbar' maxwidgets='1' showaddelement='no'> sampai dengan </b:section>. Seperti gambar yang tampil dibawah ini:
Atau cara paling mudah adalah menggunakan fitur pada Edit HTML yaitu Lompat ke widget --> Nanvbar1

Hapus Plusone.js
Klik Untuk Memperbesar Gambar
Langkah 3. Selanjutnya Cari (CTRL+F) kode:
</body>
Ubah kode diatas menjadi
&lt;!--</body>--&gt;&lt;/body&gt;
Langkah ini perlu dilakukan karena apabila anda memiliki extensions PageSpeed Insights (by Google) di chrome, maka apabila anda check pada developer tools maka plusone.js tetap ada.

Langkah 4. Simpan Template

Langkah 5. Selanjutnya uji kecepatan menggunakan --> PageSpeed Insights. Untuk memastikan bahwa script plusone.js telah dihapus dari template blog anda. Untuk memudahkan dan memastikan lebih jauh anda juga dapat meng-install --> extensions PageSpeed Insights (by Google).

Selamat anda telah lebih mempercepat loading blog anda dengan menghilangkan script plusone.js yang memblokir perenderan konten paruh atas :). Silahkan tinggalkan komentar pada kolom komentar dibawah apabila anda memiliki masukan lainnya.

10 komentar:

  1. di template saya ngga berhasil. ada cara lainnya ngga ya :-(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicoba lagi mungkin ada langkah yg salah gan. Untuk blog ini sendiri saya menggunakan template default blogger sehingga mudah saya edit html di dalamnya.

      Hapus
  2. di template saya ngga berhasil. ada cara lainnya ngga ya :-(

    BalasHapus
  3. Terima kasih tutorialnya, sudah saya praktekkan dan berhasil

    BalasHapus
  4. kalau misalkan tidak harus di hapus tapi biar tidak terdeteksi pagespeed bagaimana ya gan, saya pakai asyncron tetep kedetect

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. saya coba dulu, semoga berhasil

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  9. setelah saya hapus, kenapa fungsi tombol kirim di kolom komentar blog nggak berfungsi ya min?

    BalasHapus

Setiap komentar sangat dihargai, namun karena keterbatasan waktu tidak dapat online setiap saat untuk me-reply komentar setiap orang. Komentar Spam (link aktif, o*at, p*rn*, j*di, dan sejenisnya) akan dimoderasi. Terima kasih atas perhatiannya dan Berkunjung kembali :)