Cara Defer Async Kode CSS Blogger

Kali ini saya bagikan cara menggunakan defer atau async kode css di blogger. Karena selain dari widget css bundle yang memblokir perenderan konten paruh atas di blog. Ada kode css lain yang biasa dipanggil untuk mempercantik tampilan blog seperti dari maxcdn dan font awesome. Biasanya kode css eksternal itu ada karena menggunakan template luar selain dari template default bawaan blogger.

Dan sudah pasti kamu sering melihatnya. Pertanyaannya bagaimana kita menggunakan async atau defer kode css eksternal itu? Biasanya untuk font awesome bisa disematkan inline pada ]]></b:skin> blogger, namun apabila kode external css lainnya tidak dapat disematkan didalam Edit HTML blogger dan tetap ingin kamu defer, itu juga bagus karena akan lebih simpel dan menghemat ukuran HTML blog.

Baca juga:
~ Cara menghilangkan javascript yang memblokir rendering di konten paruh atas
~ Cara menghilangkan css yang memblokir blogger

Tujuan Defer Kode CSS

Tujuannya jelas karena ingin mempercepat loading blog agar rendering kode eksternal ditunda dulu sehingga konten utama blog dapat ditampilkan untuk pengunjung. Karena loading yang lama dapat membuat pengunjung pergi dari blog.

Cara Defer Kode CSS

Langkah 1. Copy kode script defer dibawah ini dan gantikan url link kode css yang ingin di defer.
<script type='text/javascript'>
//<![CDATA[
function loadCSS(e, t, n) { "use strict"; var i = window.document.createElement("link"); var o = t || window.document.getElementsByTagName("script")[0]; i.rel = "stylesheet"; i.href = e; i.media = "only x"; o.parentNode.insertBefore(i, o); setTimeout(function () { i.media = n || "all" }) }
loadCSS("https://maxcdn.bootstrapcdn.com/font-awesome/4.2.0/css/font-awesome.min.css");
//]]>
</script>
Langkah 2. Letakkan kode yang telah di copy, diatas </head> blog kamu dan Simpan.

Sangat mudah bukan? Silahkan kamu cek dengan pagespeed insight milik google apakah kode css eksternal masih memblokir render konten paruh atasnya.

4 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Setiap komentar sangat dihargai, namun karena keterbatasan waktu tidak dapat online setiap saat untuk me-reply komentar setiap orang. Komentar Spam (link aktif, o*at, p*rn*, j*di, dan sejenisnya) akan dimoderasi. Terima kasih atas perhatiannya dan Berkunjung kembali :)