Cara Mengembalikan Posting Blog yang Dihapus

Bagaimana Cara Mengembalikan Artikel yang telah dihapus?

Banyak blogger yang telah menghapus artikel atau laman yang telah mereka publikasi entah dikarenakan artikel itu kurang berkualitas, tidak relevan atau alasan lainnya. Dan tentunya ketika google bot merayapi blog anda, maka akan muncul kesalahan perayapan 404 pada alat webmaster google. Karena artikel yang pernah diindeks google hilang sehingga google bot memberitahu-nya pada anda tentang kesalahan itu. Dan jika hal itu terjadi anda dapat mendapatkan kembali artikel yang hilang itu sebelum cache dari artikel itu telah dihapus.

Cara Mendapatkan Artikel yang dihapus

Ada 4 cara untuk mendapatkannya kembali. Tapi dengan catatan "Cache untuk artikel yang terkait belum terhapus" selamanya. Disini maskudnya adalah dengan mem-publikasikan ulang artikel/laman yang anda pernah hapus, tentu saja tidak akan ada trafik dan komentar apabila sebelumnya artikel tersebut memiliki komentar. Dan untuk re-ublish pastikan tanggal sesuai dengan tanggal artikel yang terhapus.

1. Mengembalikan Post yang dihapus dengan Cache Google

Ketika anda mempublikasikan suatu artikel, maka google akan membuat versi artikel tersebut dengan cache-nya . Untuk itu anda dapat mencarinya dengan cara sebagai berikut:

a.) Ketikkan seperti berikut pada mesin pencari google,
site:dewainside.blogspot.com ctr atau site:dewainside.blogspot.com/alamat yang hilang
Merah : Alamat Blog anda
Biru : Kata yang terkait dengan artikel yang ingin anda cari
Atau anda dapat langsung mencari alamat yang hilang 404 dari alat webmaster google (Perayapan --> Kesalahan Perayapan).

b.) Klik Cached maka laman akan terbuka sesuai dengan cache terakhir.
Google Cache

c.) Publikasi dengan versi cache

  • CTRL+U atau Klik Kanan --> View Page Source
  • CTRL+F dan ketik postID maka akan terlihat seperti ini: postID=9189738376971388298 lalu Catat ID anda
  • Pada Dashboard blogger anda --> Post --> Edit salah satu posting untuk membuka panel editor
  • Gantikan postID yang ada pada bar browser anda dengan postID yang anda catat sebelumnya
postID
  • Enter sehingga panel editor akan menampilkan artikel/laman yang pernah dihapus itu
  • Sesuaikan Tanggal dan Alamat link lalu Publish

2. Mengembalikan Post yang dihapus dengan Cache Browser

Browsing dengan mode ignito, private, atau sejenisnya tidak akan menyimpan cache. Jika anda belum menghapus cache pada browser anda, maka:

  • Buka history brower anda
  • Cari dan ketikkan alamat (misal: dewainside.blogspot.com) maka akan muncul list artikel/laman terkait dengan blog anda.
  • Copy dan Paste pada pengeditan entri blogger anda


3. Mengembalikan Post yang dihapus dengan Feedburner

Anda cukup cari kata yang terkait dengan artikel yang telah dihapus pada feeburner. Caranya cukup ketikkan alamat feedburner anda di browser.
"http://dewainside.blogspot.com/feeds/posts/default" --> Lalu cari (CTRL+F) artikel yang dihapus melalui kata kunci yang terkait. Edit dan re-publish pada panel editor blog anda.

4. Mengembalikan Post yang dihapus dengan Web Archive-Wayback Machine

Di web archive ini tempatnya arsip-arsip dari setiap website yang ada di internet. Tentunya dengan update secara berkala, kurang lebih 1 tahun. Namun walaupun begitu arsip tersebut dapat dihapus juda dari web archive apabila selama waktu tertentu tidak ada yang membutuhkannya.

Web Archive

  • Akan tampil beberapa history dari blog anda, pilih sesuka anda mungkin yang terakhir. Copy dan Paste tampilan laman yang muncul. Untuk link hidup silahkan periksa dan ganti dengan link anda sendiri karena link hidupnya berasal dari web archive-nya.


5. Re-Publish Artikel

Setelah anda mengedit artikel yang anda dapatkan kembali lakukanlah publikasi ulang. Dengan ketentuan samakan url link dan tanggal publish artikel yang terhapus agar nantinya anda dapat check list, "Tandai sebagai telah diperbaiki" di alat webmaster. Sehingga pesan kesalahan perayapan 404 di alat webmaster hilang.

Semoga bermanfaat bagi sobat blogger sekalian.

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Tks agan artikel berikut telah diikuti, dan sukses artikel yang terhapus dgn tidak sengaja..udh muncul kembali dan republish.

    BalasHapus

Setiap komentar sangat dihargai, namun karena keterbatasan waktu tidak dapat online setiap saat untuk me-reply komentar setiap orang. Komentar Spam (link aktif, o*at, p*rn*, j*di, dan sejenisnya) akan dimoderasi. Terima kasih atas perhatiannya dan Berkunjung kembali :)