Memperbaiki Kesalahan Perayapan pada Alat Webmaster


Bagaimana cara memperbaiki kesalahan perayapan 404 pada alat webmaster google?

Kita harus tahu dulu penyebab terjadinya kesalahan perayapan itu. Jika sobat ingin melompat ke "Cara Memperbaiki" silahkan, tapi ada baiknya sobat menambah pengetahuan tentang kesalahan perayapan terlebih dahulu. Biasanya kesalahan perayapan dengan kode tanggapan 404 ini terjadi karena dihapusnya url dari suatu post, laman atau komentar yang pada suatu blog dan google bot pernah meng-indeks-nya. Dan ketika google bot mencarinya lagi (crawl), kok tidak ada? Maka dari itu google bot memberikan infonya melalui alat webmaster google agar webmaster  yang bersangkutan pada situs terkait tahu kalo url yang pernah di-indeks google bot telah hilang. Dengan harapan webmaster dari situs yang bersangkutan dapat memperbaikinya.


Jenis Kesalahan Perayapan:

1. Dihapusnya Posting/Laman oleh Admin Blog
Admin situs dengan sengaja atau tidak sengaja menghapus posting/laman-nya. Lalu bagaimana mengembalikannya? Kemungkinan besar masih bisa dilacak kembali dengan menggunakan browser chache, google user cache dan yang terakhir web archive dengan catatan cache masih ada.

2. Dihapusnya Komentar oleh Admin Blog/Author Komentar
Untuk komentar yang dihapus tidak akan bisa dikembalikan! Pertanyaannya untuk apa dikembalikan? Karena yang paling penting adalah isi dari konten posting/laman situs itu sendiri.

Sebelum memperbaikinya mari kita lihat contoh tampilaan gambar kesalahan perayapan pada blog ini: 
Kesalahan Perayapan 404

Dan apabila anda klik salah satu link yang tertera pada tabel kesalahan perayapan, pada sisi "Detail kesalahan":
Buka Kesalahan Perayapan

Seperti yang sobat lihat "404 tidak membahayakan kinerja situs Anda dalam penelusuran, namun Anda dapat menggunakannya untuk membantu meningkatkan pengalaman pengguna." Maksudnya disini adalah, apabila pengunjung blog sobat mengunjungi link tersebut entah dari mesin pencari goolge, gadget pencarian pada blog anda, atapun url lainnya, maka yang dilihat oleh pengunjung adalah laman dengan tulisan 404 atau seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini:
Laman tidak ditemukan

Pada sisi "Ditaut dari" anda dapat melihat link yang terhubung atau link masuk ke blog anda melalui url yang hilang itu. Sungguh sangat disayangkan apabila ada backlink yang hilang dari mata google bot. Apalagi backlink yang berkualitas. Ada "pengalaman" lain pada salah satu posting yang memiliki tanda "/" pada akhir url-nya. Ternyata dapat menyebabkan kesalahan perayapan di mata google bot juga loh.
Ditaut dari Link

Untuk itu perlu sekiranya kita membuat pengunjung lebih nyaman dengan memperbaiki kesalahan tersebut sehingga lebih baik dimata pengunjung dan di mata google bot.

Cara Memperbaiki

1. Mendapatkan kembali url/link dari posting/laman yang hilang
Jika anda ingin menghidupkan kembali laman/posting yang hilang, anda harus mendapatkan kembali url dari link itu dengan browser chache, google user cache dan yang terakhir web archive. Anda dapat lihat di Cara Mengembalikan Posting Blog yang Dihapus.

2. Menggunakan Custom Redirect (Pengalihan Khusus)
Apabila anda hanya ingin mengalihkan alamat yang hilang atau belum menghidupkan laman/posting itu kembali, anda dapat menggunakan fitur Costum Redirect Blogger. Atau anda dapat juga Mengalihkan Semua URL Kesalahan 404 ke Laman tertentu.

3. Tandai Sebagai Telah diperbaiki
Langkah terakhir adalah dengan meng-klik tombol "Tandai sebagai telah diperbaiki" yang menandakan anda sebagai webmaster yang sah telah memperbaiki kesalahan itu.

4. Periksa url
Anda dapat memeriksa url yang hilang tadi dengan mengunjungi-nya. Apabila sudah sesuai dengan kemauan anda, dihidupkan kembali url-nya atau di-redirect ke alamat tertentu.

Sekian, semoga artikel yang panjang ini dapat bermanfaat bagi sahabat blogger semua. Kalau mau maju, jangan malas untuk membaca dan mencoba ya. Maap karena artikel-nya terlalu panjang, karena saya pribadi ingin menyampaikan secara detail dan membuat konten yang berkualitas sehingga dapat bermanfaat bagi banyak sahabat blogger. Mungkin apabila dari sobat blogger ada yang memiliki saran lainnya dapat dicantumkan pada kolom komentar dibawah.

6 komentar:

  1. Wah, panjang banget gan tutornya. Penyelesaiannya ada dibawah tapi musti ke posting lainnya :3. Tapi bermanfaat bgt dah gan. Keep posting pls.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya gan agar lebih memperjelas apa dan bagaimana cara memperbaiki kesalahan perayapan itu sendiri.

      Hapus
  2. Bermanpangat ini...suiip akang dewa

    BalasHapus
  3. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus

Setiap komentar sangat dihargai, namun karena keterbatasan waktu tidak dapat online setiap saat untuk me-reply komentar setiap orang. Komentar Spam (link aktif, o*at, p*rn*, j*di, dan sejenisnya) akan dimoderasi. Terima kasih atas perhatiannya dan Berkunjung kembali :)